Tiny Reportage: KongKalikong



Berbicara tempat nongkrong di Jogja, kita akan menemukan banyak tempat yang cocok dan sering dikunjungi. Salah satunya adalah tempat yang unik dan asik yang bernama unik dan menggelitik yaitu KongKalikong. KongKalikong Dine & Coffee House ini bertempat di Jl. Taman Siswa No. 17, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111 dan tempat ini buka dari jam 10.00 WIB sampai 00.00 WIB.

Banyak hal unik yang berhubungan dengan KongKalikong. Salah satunya adalah jika kamu-kamu semua mencari nama KongKalikong di Google, maka yang muncul di baris pertama halaman pertama adalah website tentang arti kata kongkalikong (terakhir mencari di Google tanggal 07 September 2015, tidak tahu pas kamu-kamu semua baca artikel ini hasil pencariannya udah berubah atau belum). Nah, diikuti baris kedua adalah website KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), baru baris ketiga adalah akun Twitter dari KongKalikong Dine & Coffee House. Memang tempat ini dari namanya sudah unik dan menggelitik, bikin penasaran sebenernya tempat apaan yang namanya KongKalikong itu. Lalu, hebatnya jika kamu-kamu semua mencarinya di Google Images maka yang muncul adalah logo KongKalikong Dine & Coffee House, keren kan?! (biasa aja sih, ini saya tulis biar pengantarnya agak panjang dikit... hehehe).

Di luar itu semua yang saya jelaskan secara tidak penting di atas, KongKalikong ini memang tempat yang unik dan asik. Dilihat dari bangunan kafenya sendiri bernuansa kuno namun tetap nyentrik dengan cat yang berwarna putih dan coklat keoranyean atau oranye kecoklatan. Dan jika masuk ke dalamnya, kamu-kamu semua akan merasa seperti di rumah yang sangat nyaman. Dalam tempat tersebut terdapat pajangan yang unik dan antik, ada alat-alat antik jaman dahulu seperti timbangan antik, alat giling antik, lukisan antik, semuanya antik. Ada juga di satu sisi ruangan itu terdapat pajangan aneka macam kamera polaroid yang antik juga, dan kalau tidak salah ingat di situ juga terdapat mesin ketik yang antik. Untuk tempat duduknya di depan terdapat sofa yang nyaman dan di bagian tengah dan samping terdapat kursi dan meja kayu.

Menu makanan dan minuman yang disediakan KongKalikong adalah menu dari Indonesian food, western food, hingga Chinese food. Variatif dan layak buat dicoba. Semua menu makanan dan minuman itu bisa kamu-kamu semua nikmati dalam suasana yang nyaman seperti rumah sendiri, ditambah lagi jika kamu-kamu semua datang di antara pukul 19.30 WIB hingga 22.30 WIB, kamu-kamu semua akan disuguhi dengan penampilan live music. Kamu-kamu semua dapat request lagu-lagu kesukaan kamu-kamu semua bahkan bisa bernyanyi bersama band-nya, seru bukan?

Hal yang berkesan dan bikin nyaman juga adalah para pelayan yang sangat ramah dalam melayani pelanggan yang datang. Pokoknya top bangetlah.

Buat kamu-kamu semua yang belum pernah ke KongKalikong, harus coba datang, pasti gak akan nyesel.

Berikut video Tiny Reportage tentang KongKalikong: