Isi dengan PERSATUAN!


Hari ini, 17 Agustus 2012 tepat 67 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itu Saya ucapkan Dirgahayu Indonesia-ku!

Oke, hari ini memang hari bersejarah untuk negara kita tercinta Republik Indonesia. Banyak bendera Merah Putih dan umbul-umbul dikibarkan di mana-mana, berasa meriah gitu. Dan yang gak kalah seru lagi adalah Upacara Bendera. Ya, Upacara Bendera dilaksanakan di hampir seluruh sekolah, kantor pemerintahan, instansi dan desa-desa. Saya sendiri sih tidak ikutan Upacara Bendera ( v^.^ ) karena kantor Saya tidak mengadakan Upacara Bendera, di desa tempat saya tinggal juga tidak. Tapi Saya tetap bisa mengikuti Upacara Bendera lewat Istana Negara (by TV, aseeekkk... hahaha), yah paling tidak Saya masih mengikuti Upacara Bendera (suka liat PASKIBRAKA yang cewe, apalagi yang bawa bendera, aseeekk.. v^.^). Ehmm... kembali ke topik, sampai di mana tadi? Cewe, eh, Upacara Bendera, ya Upacara Bendera adalah salah satu cara untuk memperingati Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, karena di situ kita mengenang perjuangan pahlawan kita yang telah susah payah merebut negara ini untuk kita semua saat ini. Hal ini penting supaya kita sadar untuk mempertahankannya (bagi yang sadar, yang belum sadar: BANGUN! :p ).

Garuda Pancasila - Lambang Negara Republik Indonesia

Apakah hanya dengan Upacara Bendera saja kita memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia? Tentu tidak. Jaman Saya masih sekolah dulu waktu pelajaran PPKn (kelihatan tua) ada pertanyaan seperti ini: "Dengan apakah kita harus mengisi Kemerdekaan?" dan jawabannya adalah "Pembangunan", pembangunan seperti apa Saya juga kurang begitu paham sampai sekarang. Mungkin kita harus membangun Indonesia ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Hmm... tapi sekarang ini kalo Saya melihat, pembangunan memang sudah terjadi hanya tidak merata. Masih terdapat kesenjangan di mana-mana dan dalam berbagai hal. Di Indonesia terdapat berbagai latar belakang suku, agama, bahasa, ras dan golongan, dan keanekaragaman ini sangat sering menjadi masalah dalam kehidupan membangun negara ini. Semangat "Bhineka Tunggal Ika" yang terdapat di lambang negara Republik Indonesia itu makin lama makin ditinggalkan. Bangsa Indonesia sudah makin lupa dengan PANCASILA yang telah dirumuskan dengan bijak oleh pemimpin negara kita untuk Persatuan Indonesia. Ya, Persatuan adalah kekuatan untuk membangun Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. Kalau kita sudah BERSATU, segala permasalahan keanekaragaman itu tidak akan menjadi masalah lagi dan Bangsa Indonesia akan bahu membahu membangun negara ini. Namun, sekarang ini menurut Saya pribadi, Indonesia itu belum sepenuhnya BERSATU.
"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena akan melawan bangsamu sendiri" - Soekarno
Nah, kata-kata Soekarno di atas memang sangat benar dan terjadi di masa-masa sekarang, kita memang sedang dikalahkan oleh keanekaragaman milik kita sendiri. Kita memang harus paham betul apa yang terdapat di dalam PANCASILA, karena itulah rumusan PEMERSATU BANGSA ini, apalagi untuk generasi muda yang masih semangat dan sebagai penerus dari bangsa ini.

Hmm... omong-omong Saya ini baru-baru ini mendengarkan lagu dari grup musik indie yang menjadi inspirasi Saya untuk menulis artikel ini. Lagu itu bertemakan PERSATUAN yang berkiblatkan PANCASILA. Dengan diawali cuplikan pidato Soekarno tentang PANCASILA itu sendiri, lirik yang disampaikan di lagu ini adalah keprihatinan terhadap keadaan negara Indonesia masa-masa ini dan tentu saja ajakan untuk bersama-sama bersatu untuk membangun negara ini. Dalam lagu itu juga terdapat rumusan PANCASILA yang diteriakan oleh grup tersebut. Haha, dari tadi malah belum kasih tahu nama grup dan judul lagunya ya? Hehe, yup lagu yang Saya dengarkan itu berjudul UNITY yang dibawakan oleh grup beraliran hip hop BRIGADEsoundnation.

Dengan ini Saya juga mengajak teman-teman untuk bersama-sama mendengarkan lagu dari BRIGADEsoundnation ini untuk belajar bersama tentang PERSATUAN dan membangun negara Indonesia ini. Yang punya semangat PERSATUAN silahkan download lagu UNITY dari BRIGADEsoundnation di link yang berikut ini:
Klik di sini untuk mendengarkan dan men-download lagunya >>> http://www.reverbnation.com/open_graph/song/14146046?1336410755

Dan berikut ini adalah lirik lagunya:

UNITY
by BRIGADEsoundnation

Soekarno
Bagaimana mempersatukan aliran-aliran, suku-suku, agama-agama dan lain-lain sebagainya itu jikalau tidak diberi satu dasar yang mereka bersama-sama bisa berpijak di atasnya dan itulah saudara-saudara, Pancasila.

Hook
Bangkit dan berdiri
Yo kawanku rapatkan formasi
Satukan arah tujuan 'tuk langkah maju
Bangunlah potensi diri jiwa menyatu
Let's GO! (2x)

Diaz
Kita ini hidup di negara yang sama
Kenapa perbedaan menjadi hal yang utama
Kedepankan ego peduli pun tak ada
Inikah arti dari Bhineka Tunggal Ika

Kumawani
Maksud menghargai perbedaan keyakinan
(Berbeda pandangan) akhirnya pun tidak sejalan
Apa ini hanya angan dari kerukunan
(Rasa persatuan) sudah makin dilupakan


Hook
Bangkit dan berdiri
Yo kawanku rapatkan formasi
Satukan arah tujuan 'tuk langkah maju
Bangunlah potensi diri jiwa menyatu
Let's GO! (2x)

Brother John
Bangsa Indonesia sopan santun bermartabat
Bangsa penuh warna yang selalu jadi semangat

Berbeda tak lagi menjadi sebab akibat
Saling jabat tangan 'tuk cari nama sahabat

Miconobeat
Pancasila jadi dasar dari bangsa kita
Rakyat adil makmur sentosa menjadi cita
Mari bersatulah atas nama Indonesia
Begandengan tangan dan mari kita teriakan!


Hook
Bangkit dan berdiri
Yo kawanku rapatkan formasi
Satukan arah tujuan 'tuk langkah maju
Bangunlah potensi diri jiwa menyatu
Let's GO! (2x)

Miconobeat
Persatuan Nasional hanya dapat dipelihara jikalau Persatuan Nasional didasarkan atas SATU dasar yang lebih luas daripada Bangsa, Nasionalisme adalah Pemersatu Bangsa.

PANCASILA
  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Hook
Bangkit dan berdiri
Yo kawanku rapatkan formasi
Satukan arah tujuan 'tuk langkah maju
Bangunlah potensi diri jiwa menyatu
Let's GO! (2x)

Oke, inilah andil Saya dalam mengisi Kemerdekaan Indonesia, membagi semangat PERSATUAN. Mari teman-teman BERSATU untuk INDONESIA.

Nah, sekarang Saya mau nonton Upacara Bendera dulu ya... :p